Manfaat Daun Pegagan

252 views

Manfaat Daun Pegagan. Daun pegagan memang punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, wajah, maupun otak. Daun ini dapat dijadikan sebagai ramuan yang berguna untuk meningkatkan kecerdasan serta daya ingat anak. Mengkonsumsi rebusan daun pegagan dengan cara yang benar dapat menjadikan tubuh kita menjadi sehat. Dan berikut penulis akan membahas mengenai manfaat daun pegagan, sekaligus cara pengolahannya.

manfaat daun pegagan untuk otak

manfaat daun pegagan

Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan.
Manfaat daun pegagan untuk otak. Manfaat daun pegagan untuk kecerdasan otak dapat pembaca sehatya buat sendiri dirumah. Daun tanaman ini punya khasiat yang ampuh, yaitu dapat dijadikan asupan otak, yang tentunya akan berdampak pada kecerdasan, daya ingat, fokus, memperkuat daya kerja otak serta konsentrasi otak anda. Cara mengolah daun pegagan untuk otak, terdapat beberapa cara untuk mengolah daun pegagan. Bisa juga sebagai lalapan, minuman maupun dibuat jus. Ambil daun pegagan yang sudah kering ( tambahkan juga batangnya ), kemudian ditambahkan bahan lain lalu dijadikan sayuran ataupun urap. Jika ingin minum air rebusan daun pegagan, maka rebus 10 gram ( dosis untuk orang dewasa ) dengan 3 gelas air hingga matang. Tambahkan gula supaya minuman terasa lebih enak. Untuk dosis anak, maka gunakan 2,5 gram daun pegagan.
Manfaat daun pegagan Untuk wajah. Manfaat daun pegagan untuk kecantikan ialah dapat digunakan sebagai masker. Pegagan ( centella asiatica ) dapat digunakan sebagai perawatan alami untuk kulit wajah, salah satunya ialah mengatasi masalah jerawat, baik itu yang ringan, sedang maupun yang berat. Wanita ataupun pria yang ingin terhindar dari permasalahan wajah dapat menggunakan daun pegagan untuk masker. Masker dari daun pegagan begitu efektif dalam mengobati jerawat serta mencegah bopeng akibat jerawat ( skar atrofi ). Itulah manfaat daun pegagan untuk jerawat. Silakan dicoba ya.

Manfaat Daun Pegagan Untuk Pengobatan.
Daun ini bisa pembaca sehat ya olah menjadi obat tradisional guna mengatasi beberapa penyakit. Berikut ini akan penulis sajikan tentang bagaimana cara mengolah daun pegagan untuk obat.
Manfaat daun pegagan untuk wasir. Obat wasir dari tanaman pegagan tentu dapat dijadikan pilihan bila wasir yang pembaca derita tidak kunjung sembuh. Cara mengolah tumbuhan pegagan untuk obat wasir, siapkan 3-4 pohon pegagan lalu rebus dengan 2 gelas air selama 5 menit kemudian airnya diminum.
Khasiat daun pegagan untuk darah tinggi ( hipertensi ). Tumbuhan untuk obat darah tinggi ini dapat pembaca jadikan pilihan lain guna mengatasi darah tinggi. Mengkonsumsi daun pegagan adalah obat herbal untuk mengobati hipertensi. Cara mengolah daun pegagan untuk hipertensi, rebus 20 lembar daun pegagan dengan 3 gelas air, biarkan sampai airnya menyisakan 2.25 gelas saja. Minum 3x ¼ gelas.
Manfaat daun pegagan untuk batuk. Ingin tahu cara meramu daun pegagan untuk obat batuk kering?, caranya begini, siapkan segenggam daun pegagan, lalu dilumatkan, peras, kemudian tambahkan air secukupnya serta gula batu. lalu diminum.
Manfaat daun pegagan untuk obat batuk darah, muntah darah, serta mimisan. Cara mengolah daun pegagan untuk obat seperti yang telah penulis sebutkan, rebus 60-90 gram daun pegagan segar, lalu diminum.
Manfaat daun pegagan untuk mata bengkak dan merah. Cara mengatasi mata merah serta bengkak dengan daun pegagan, siapkan daun pegagan segar, cuci bersih kemudian dilumatkan. Peras airnya lalu disaring. Teteskan air tersebut dimata anda 3-4 kali sehari.
Khasiat daun pegagan untuk campak. Manfaat daun pegagan sebagai obat selanjutnya ialah menyembuhkan campak. Cara mengolahnya, rebus 60-120 gram daun pegagan, lalu diminum. Lakukan secara rutin.
Manfaat daun pegagan untuk bisul. Cara mengolah daun pegagan untuk obat bisul, siapkan pegagan segar 30-60 gram, rebus kemudian diminum. Atau bisa juga dengan melumatkan pegagan segar, lalu ditempalkan pada luka.
Manfaat daun pegagan untuk hati. Mengobati Pembengkakan hati adalah manfaat pegagan untuk pengobatan selanjutnya. Cara mengolah pegagan untuk obat pembengkakan hati, rebus 240-600 gram pegagan segar lalu minum airnya. Lakukan secara rutin.
Manfaat pegagan untuk mengatasi susah kencing. Cara meramu, lumatkan 30 gram pegagan segar, lalu tempelkan di pusar.
Manfaat daun pegagan untuk infeksi saluran kencing/kencing keruh. Cara meramu, rebus 30 gram daun pegagan dengan air bekas bilasan beras.

Efek samping daun pegagan.
Dari beberapa sumber yang penulis baca, daun pegagan tidak boleh dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Konsumsi daun pegagan disarankan dalam jangka waktu 2-6 minggu. Selain itu, terkadang ada juga beberapa orang yang alergi terhadap daun ini, bila pembaca sehatya berkeinginan menggunakan daun pegagan untuk area luar, alangkah baiknya untuk memakainya sedikit-demi sedikit. Hal ini bertujuan untuk mengetahui reaksi kulit anda, apakah menunjukkan tanda-tanda alergi atau tidak. Konsultasikan kepada dokter apa bila anda mengalami efek samping dari daun pegagan, agar diberi solusi untuk memperpanjang pemakaian atau tidak.

Demikian info mengenai manfaat daun pegagan. Gunakan secara bijak dan bertahap agar mendapat hasil yang optimal.

SALAM SEHAT.

cara membuat Cara mengolah cara mengolah daun pegagan untuk obat cara meramu cara merebus daun pegagan Efek samping daun pegagan manfaat daun pegagan Manfaat daun pegagan sebagai obat Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan Manfaat Daun Pegagan Untuk Pengobatan Manfaat daun pegagan Untuk wajah pegagan pegagan obat darah tinggi

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan