Manfaat dan cara mengolah tanaman tapak dara sebagai obat

3233 views

Manfaat dan cara mengolah tanaman tapak dara sebagai obat. Tapak dara merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Tengah, mempunyai nama latin catharanthus roseus (L.) . Tanaman ini bisa dikembangbiakan dengan mudah dengan menggunakan bijinya yang sudah tua. Kalian hanya cukup memasukan biji tersebut kedalam tanah yang memiliki kualitas baik, lalu di timbun kira-kira setebal bijinya. Dan yang paling penting adalah teratur menyiramnya dengan air.

Tanaman ini biasanya hanya di jadikan hiasan dipekarangan rumah. Mungkin salah satu dari kalian tidak tahu bahwa tanaman tapak dara, ( jawa), pokok rumput jalang, keminting cina ( malaysia ) kembang tembaga ( sunda ) sindapor ( sulawesi ) mempunyai banyak manfaat yang tak terduga. Untuk itu, sangat disayangkan jika tanaman ini hanya dijadikan sebagai penghias pekarangan. Berikut penulis ulas beberapa manfaat dan cara mengolah tanaman tapak dari sebagai obat.

Menfaat dan cara mengolah tanaman tapak dara sebagai obat

Manfaat tanaman tapak dara

1. Tekanan Darah Tinggi ( Hipertensi )
Tentu kalian tidak ingin berurusan dengan yang namanya penyakit darah tinggi. Namun, apa bila kalian sudah terlanjur mengalami atau mempunyai teman, saudara yang menderita penyakit hipertensi, tanaman tapak dara bisa dijadikan alternatif sebagai obat tradisional yang tentu tidak membutuhkan biaya yang cukup mahal.

Cara Pengolahan tanaman tapak dara untuk penyakit hipertensi ( darah tinggi )
Ambil 7 bunga atau pun daun tapak dara, cuci sampai bersih Lalu seduh dengan 1 gelas air kemudian di saring. Aturan minumnya cukup mudah, yaitu minum secara teratur menjelang tidur.

Luka baru
Yang namanya luka itu sakit. Apa lagi luka di hati…hahhaha,, upsss, tenang saja, kali ini penulis bukan membahas luka patah hati ya, melainkan luka baru yang terdapat pada anggota badan. Kalian pasti pernah mendapatinya tanpa sengaja saat beraktifitas di dalam atau pun diluar ruangan. Nah, manfaat berikut sangat cocok sekali bagi kalian yang ingin mengetahui obat herbal untuk luka baru. Simak baik-baik cara mengolah tanaman tapak dara sebagai obat luka baru.

Cara Mengolah tanaman tapak dara sebagai obat luka baru
2-5 lembar daun tapak dara, kunyah sampai lembut, kalau tidak ya di tumbuk sampai halus, kemudian tempelkan pada luka tersebut…!!

Diabetes militus
Diabetes atau lebih sering dikenal dengan nama kencing manis merupakan penyakit yang cukup banyak jumlahnya di Indonesia. Di tahun 2013 saja, penderita penyakit ini sekitar 8,4 juta. Meski begitu, ada banyak sekali tanaman herbal yang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit diabetes ini, salah satunya adalah tapak dara.

Cara mengolah tanaman tapak dara sebagai obat diabetes
. Sediakan 6-10 lembar daun tapak dara, kemudian rebuslah dengan 3 gelas air sampai mendidih, tunggulah sampai airnya hanya menyisakan 1 gelas saja. Biarkan sampai dingin kemudian di minum. Ulangi langkah ini sampai sembuh, atau kalian bisa cek kedokter apakah terapi penyembuhan dengan tapak dara mengalami kemajuan atau tidak.

Asma dan bronkitis
Untuk dua penyakit ini, yang diperlukan dari tanaman tapak dara bukanlah daun atau bunganya. Melainkan akar dari tanaman tersebut.

cara mengolah tanaman tapak dara sebagai obat asama dan bronkitis

kalian bisa menyiapkan 1 bonggol akar dapak dara, kemudian direbus dengan 5 gelas air. Aturan minumnya cukup sederhana, yakni di minum pagi dan sore hari.

Leukimia
Untuk cara mengobati leukimia menggunakan tapak dara, kalian harus menyiapkan 25 gram daun tapak dara yang sudah kering, lalu di campur dengan adas pulawaras, rebuslah menggunakan 1 liter air kemudian disaring. Minum lah pada saat pagi dan sore hari.

Manfaat dan cara mengolah tanaman tapak dara sebagai obat

Manfaat tanaman tapak dara

Demam
Siapa yang belum pernah mengalami deman? Penulis kira hampir semua kalangan tidak luput dari penyakit ini, apa lagi pada saat musim penghujan tiba. Namun jangan khawatir, karna manfaat serta cara mengolah daun tapak dara sebagai obat juga bisa mengatasi demam.

Cara mengolah tanaman tapak dara sebagai obat demam
12-20 gram daun tapak dara, 3 potong batang dan akarnya, kemudian direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih, setelah mendidih, biarkan saja sampai airnya menjadi sekitar 1 setengah gelas. Minumlah pagi dan sore, jangan lupa di tambah gula kelapa.

Tangan gemetar
Sepertinya penyakit yang satu ini terjadi karna faktor usia, namun kemungkinan juga tidak. Kalian bisa mencoba tips berikut untuk mengobati tangan yang sering bergetar atau buyuten ( jawa ) .

Cara mengolah tanaman tapak dara sebagai obat tangan gemetar
4-7 lembar daun tapak dara, diseduh dengan 1 gelas air kemudian disaring…minumlah seperti biasanya.

Borok,bisul
Siapa sih yang mau menderita penyakit ini, penyakit yang sering kali mengganggu aktifitas kita . Terlebih jika borok atau bisul muncul diarea luar, tentu sangatlah mengganggu penampilan. Namun jangan khawatir, artikel tentang manfaat dan cara mengolah tanaman tapak dara sebagai obat yang selanjutnya juga tidak kalah menarik, yaitu mengobati borok serta bisul.

Cara mengolah tanaman tapak dara sebagai obat borok dan bisul
1 genggam daun tapak dara, tumbuklah hingga halus kemudian tempelkan pada area yang terkenal bisul serta borok. Mudah sekali bukan

Efek samping tanaman tapak dara.
Melansir dari laman wikipedia, tanaman tapak dara dapat mempunyai efek samping yang berbahaya, yaitu :
Loyo, deman, muntah-muntah dalam tempo 24 jam, bukan hanya itu saja, efek samping tanaman tapak dara yang lain adalah kehilangan refleks tendon, berhalusinasi, koma, neuropati hingga kematian.
Sebagai manusia kita memang wajib berhati-hati dalam menggunakan segala sesuatunya. Penulis rasa, jika kita mengikuti aturan yang sudah di tetapkan, tentu akan mendapat manfaat yang bernilai positif bagi kesehatan. Selamat mencoba, dan jangan menyalahi aturan serta dosis penggunaan.

Itulah beberapa info seputar manfaat dan cara mengolah tanaman tapak dara sebagai obat.

Semoga bermanfaat

Cara mengolah Kesehatan Obat deman Obat diabetes Obat herbal Obat hipertensi Obat leukimia Sehat Tapak dara Tips

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan