Manfaat dan cara mengolah daun bandotan sebagai obat

3779 views

Bandotan merupakan tanaman yang bukan asli berasal dari Indonesia. Tanaman ini berasal dari Amerika Tropis dan didatangkan kepulau Jawa sebelum tahun 1860. Tanaman ini mampu menghasilkan biji sebanyak 40.000 per Individu per tahun, Jadi sangat tidak mengherankan apa bila tanaman ini mampu menyebar hampir keseluruh pelosok nusantara.
Tanaman bandotan atau babandotan seringkali dimanfaat oleh para peternak kambing untuk pakan. Namun, dibalik aromanya yang memang hampir mirip dengan kambing, ternyata tanaman yang kita anggap gulma ini menyimpan beragam manfaat. Dan berikut penulis ulas beberapa manfaat tanaman bandotan untuk kesehatan sekaligus cara mengolah daun bandotan sebagai obat, jadi selain tahu akan manfaatnya, kalian bisa langsung memprakteknya. Siapa tahu, salah satu dari kalian atau pun yang punya saudara sedang butuh solusi tentang obat herbal untuk penyakit sehingga tidak menguras kantong.

Kandungan kimia Herba Bandotan
Herba ( bagian diatas tanah ) mengandung organacid, asam amino, minyak asiri kumarin, tanin, sulfur, potassium chlorida, friedelin, stig-masterol. Sedangkan akarnya mengandung minyak asiri, kumarin dan alkaloid.
Dan bagian yang dapat digunakan sebagai obat tradisional adalah herba ( bagian diatas tanah ) serta akarnya.

 

Manfaat dan cara mengolah tanaman bandotan sebagai obat

Manfaat tanaman bandotan bagi tubuh

Manfaat dan cara mengolah bandotan sebagai obat

Luka berdarah, bisul, eksim

  •  Cara mengolah tanaman bandotan sebagai obat luka berdarah, bisul dan eksim adalah dengan mencuci herba bandotan sampai bersih, setelah itu tumbuk sampai halus dan tempelkan pada area yang sakit kemudian diperban. Ganti perban sebanyak 2-3 sehari. Lakukan tips ini sampai sembuh

Obat herbal untuk sakit Bengkak karna keseleo

  •  Cara mengolah tanaman bandotan untuk mengatasi bengkak karna keseleo ialah dengan mencampurkan nasi yang sudah basi satu kepal, 1/2 sendok teh garam serta siapkan juga satu gengam daun dan batang tanaman bandotan, jangan lupa untuk mencuci herba bandotan terlebih dahulu. Kemudian tumbuk semua bahan tersebut sampai menjadi bubur kental. Oleskan pada bagian yang sakit dan dibalut dan biarkan selama 1-2 jam. Lakukan tips ini 2-3 kali dalam sehari.

Obat herbal untuk mengatasi pendarahan rahim, bisul serta bengkak karna memar

  • Cara mengolah tanaman bandotan untuk mengatasi pendarahan rahim ialah dengan merebus 10-15 gram herba bandotan dengan dua gelas air. Setelah mendidih, biarkan saja sampai airnya hanya tersisa satu gelas. Setelah dingin saring air tersebut lalu di minum sekaligus. Lakukan hal ini sebanyak 2-3 kali sehari.

Obat herbal sakit tenggorokan

  • Cara mengatasi sakit tenggorokan secara mudah menggunakan daun bandotan ialah dengan mencuci 30-60 gram daun bandotan, tumbuk sampai halus lalu peras dan saring airnya. Jangan lupa untuk menambahkan gula batu secukupnya kemudian aduk sampai rata. Kemudian di minum. Lakukan tips ini 3 kali dalam sehari.

Obat herbal untuk mengatasi perut kembung

  • Cara mengobati perut kembung dengan mudah menggunakan tanaman bandotan ialah dengan mengumpulkan satu buah tumbuhan bandotan lalu cuci sampai bersih. Potong-potong seperlunya kemudian direbus menggunakan 3 gelas air dan biarkan air rebusan tersebut sampai hanya menyisakan 1 gelas saja. Dinginkan lalu saring dan airnya siap diminum sekaligus. Lakukan cara ini sebanyak 3 kali dalam sehari sampai sembuh.

Obat herbal untuk perawatan rambut.

  •  Bukan hanya lidah buaya saja yang mempunyai efek luar biasa jika dikaitkan dengan kesehatan rambut. Namun tanaman bandotan juga mempunyai khasiat untuk merawat rambut anda. Cara mengolah daun bandotan untuk menjaga kesehatan rambut ialah dengan mencuci daun dan batang bandotan sampai bersih lalu tumbuk sampai halus. Kemudian Oleskan pada rambut secara menyeluruh. Tutup rambut anda menggunakan kain dan diamkan selama 2-3 jam. Dan langkah terakhir tentu dengan membilasnya dengan air hangat cuci rambut anda sampai benar-benar bersih. Lakukan perawatan ini sebanyak 1 atau dua minggu sekali

Obat herbal untuk sakit malaria.

  •  Cara menyembuhkan penyakit malaria secara mudah dan alami adalah dengan menggunakan tanaman bandotan. Cara mengolah daun bandotan sebagai obat malaria terbilang sangat mudah dan tentu ramah di dompet. Anda hanya perlu menyiapkan 10-15 gram herba bandotan yang sudah kering. Rebus menggunakan 3 gelas air lalu biarkan sampai satu gelas saja. Dinginkan dan saring airnya lalu di minum sekaligus. Lakukan tips ini sebanyak 2x sehari.

Efek samping tanaman bandotan.

Efek samping mengkonsumsi ramuan dari daun bandotan adalah dapat menyebabkan keguguran. Untuk itu, sangat tidak disarankan oleh para ibu hamil.

Itulah seputar info mengenai manfaat dan cara mengolah daun bandotan sebagai obat. Semoga dengan hadirnya info ini dapat membantu kalian yang sedang mencari refensi tenga obat herbal untuk berbagai penyakit.

Salam sehat.

babandotan Cara mengolah daun bandotan Daun bandotan khasiat daun bandotan Malaria Manfaat Obat bisul Obat herbal Obat herbal pendarahan rahim Tips

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan